Sekitar Anggrek (orchid species)

HOME
Anggrek berkisar vegetatif dari tanaman ukuran yang kecil sekali beberapa milimeter (Liparis Thouars dan Platystele Schlechter) sampai dengan anggrek ukuran raksasa dengan berat beberapa ratus kilogram (Grammatophyllum Blume) . Beberapa mempunyai ukuran mencapai 13,4 meter seperti DE Sobralia altissima Bennett & Christenson, (spesies dari Peru). Demikian juga, ukuran diameter bunga bervariasi dari kurang dari 1 mm dan hampir tak terlihat dengan mata telanjang (Platystele Garay), sampai dengan diameter 15 20 cm (Paphiopedilum Pfitzer, Phragmipedium Rolfe, dan Lindley Cattleya spp.), Dan akhirnya menjadi 76 cm [Phragmipedium caudatum (Lindley) Rolfe]. Vaiasi berat dari sepersekian gram ( Pleurothallus R. Brown spp.) sampai hampir 100 gram (Coryanthes Hooker spp.).
Anggrek ternyata tidak hanya sebagai hiasan , akan tetapi beberapa kegunaan terrdapat dalam anggrek. Mayoritas anggrek banyak yang tidak umum dibudidayakan. Beberapa anggrek secara ekonomi menjadi perdagangan di luar hortikultura:


Beberapa jenis Vanili merupakan sumber rempah-rempah vanili, dan akar kering

Beberapa spesies Dactylorhiza, Eulophia, dan Orchis dijadikan salep, tepung dikonsumsi di Afrika utara , Timur Tengah (khususnya Turki), dan Asia. Acriopsis javanica di jawa dijadikan obat malaria dengan cara merebus dan mengambil madunya.
Beberapa spesies lokal digunakan untuk tujuan pengobatan; si lendir dari pseudobulbs dari beberapa spesies kadang-kadang digunakan sebagai lem, dan di Timur Jauh yang berasal dari beberapa spesies Dendrobium dibagi menjadi strip digunakan untuk menenun kerajinan.

Beberapa anggrek telah ditemukan menyebabkan dermatitis kontak (misalnya, Cypripedium reginae).

No comments:

Post a Comment

recent post

There was an error in this gadget

Followers